Cara Impor Barang dari China

Spread the love

China menjadi salah satu negara yang menjadi langganan dari masyarakat Indonesia untuk belanja barang. China sudah terkenal dengan barangnya yang sangat murah namun kualitasnya juga tidak kalah dengan barang sejenis yang berasal dari negara lain.

Masyarakat Indonesia pastinya mudah tergiur dengan barang-barang murah sehingga mereka sering impor barang dari China. Faktor lain yang menyebabkan seringnya masyarakat Indonesia melakukan impor barang dari China adalah tarif impornya yang cukup murah. Kombinasi harga barang yang murah dan tarif impor yang murah tentunya menarik minat masyarakat.

Cara Untuk Impor Barang dari China

Ada beberapa cara untuk impor barang dari China :

  1. Melalui Toko Online

Bisnis toko online atau yang dikenal dengan E-Commerce saat ini sudah berkembang pesat. Sekarang, kamu sudah bisa mendapatkan barang-barang dari luar negeri hanya dengan belanja di toko online.

Perbedaan dari membeli barang luar negeri dan membeli barang dari dalam negeri terletak pada waktu pengiriman barang. Jika kita biasanya menerima barang dari dalam negeri dalam waktu 3 hari sampai 1 minggu, maka untuk barang yang berasal dari luar negeri membutuhkan waktu 2 minggu sampai 1 bulan untuk dapat kamu terima.

  1. Datang Langsung ke China

Untuk mendapatkan barang dalam jumlah kecil, kamu bisa datang langsung ke China. Di sana kamu bisa belanja barang yang kamu inginkan untuk dibawa ke Indonesia. Kamu harus memperhatikan besarnya bea masuk dan juga pajak yang ditetapkan oleh pemerintah terhadap barang-barang yang berasal dari luar negeri.

  1. Melakukan Transaksi di Pelabuhan

Kamu bisa mendapatkan barang-barang dari China dengan melakukan transaksi barang secara langsung di pelabuhan. Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan negosiasi dengan pihak penjual barang mengenai jumlah barang, proses pengiriman, harga barang, dan lain sebagainya. Untuk melakukan hal tersebut kamu harus memperhatikan peraturan mengenai impor barang.

Tarif Impor Untuk Barang dari China

Ada beberapa jenis tarif impor untuk barang dari China :

  1. Barang Konsumsi, Obat, Bahan Kimia, dan Produk Kecantikan

Barang yang termasuk ke dalam barang konsumsi, obat-obatan, bahan kimia, dan produk kecantikan akan dikenakan tarif impor sebesar Rp6.500.000 untuk setiap cbm nya. 1 cbm setara dengan 1 meter kubik.

  1. Kertas, Mainan Anak, dan Sejenisnya

Barang dalam bentuk kertas, mainan, dan sejenisnya akan dikenakan tarif impor sebesar Rp6.000.000 untuk setiap cbm nya. 1 cbm setara dengan 1 meter kubik. Perlu kamu ketahui bahwa jenis barang seperti ini ukurannya cukup kecil sehingga bisa diimpor dalam jumlah besar.

  1. Aksesoris Umum

Barang yang termasuk ke dalam aksesoris umum seperti gelang, anting, kacamata, dan sejenisnya akan dikenakan tarif impor sebesar Rp5.500.000 untuk setiap cbm nya. 1 cbm setara dengan 1 meter kubik.

  1. Sepatu

Sepatu akan dikenakan tarif impor sebesar Rp5.000.000 untuk setiap cbm nya. 1 cbm setara dengan 1 meter kubik. Sampai saat ini, sepatu menjadi salah satu barang yang paling sering diimpor oleh masyarakat Indonesia untuk kepentingan bisnis.

  1. Tas

Tas akan dikenakan tarif impor sebesar Rp4.500.000 untuk setiap cbm nya. 1 cbm setara dengan 1 meter kubik. Seperti sepatu, tas juga menjadi salah satu barang yang paling sering diimpor oleh masyarakat Indonesia untuk kepentingan bisnis.

Itulah informasi penting mengenai impor barang dari China. Kamu bisa menggunakan informasi ini untuk menjalankan bisnis jual beli barang impor atau untuk kepentingan pribadi. Yang harus kamu perhatikan adalah peraturan mengenai kegiatan impor barang.